Hacking Part 1 : Persiapan Belajar Cyber Security

sumber : google.com
sumber : www.google.com

Salam hangat,

Hallo .. Selamat datang di blog.sekolahhacker.com, mungkin awal nya kita sempat berfikir dari mana memulai untuk mendalami ilmu cyber security ini ? Apa yang harus di pelajari ? Metode belajar seperti apa yang di pakai ? Atau mungkin berapa lama dapat menguasai ilmu ini.

pada kesempatan kali ini akan kita bahas apa saja yang harus di persiapkan untuk mulai belajar It Cyber Security.

Sebelum mulai bulatkan dulu niat anda untuk menapaki dunia cyber security, karena didalam nya begitu banyak tantangan dari segi mental dan juga ilmu pembelajaranya. Baiklah kalo sudah ini yang harus anda persiapkan.

1. Pengetahuan Dasar

berbagai pengetahuan dasar harus anda bekali untuk dapat menapaki dunia cyber security berikut hal yang harus anda kuasai :

  • Hardware

Banyak yang nanti kita bahas tentang dasar cyber security, ada baik nya anda bekali diri anda dalam pengetahuan mengenai jenis hardware, baik itu hardware komputer ataupun hardware jaringan komputer karena ini sangat menunjang ketika kita akan menganalisis suatu target nantinya.

hardware komputer
  • Software

pada point ini anda diwajibkan mengetahui software apa saja yang sering dipakai oleh user dan minimal anda memahami untuk apa software itu dibuat, dimulai dari software aplikasi Desktop seperti Office, Adobe, Antivirus dan apapun itu yang di namakan software.

Software
  • Sistem Operasi

Jika kalian selama ini familiar dengan windows sudah saat nya anda berkenalan dengan apa itu Linux ? Mungkin anda bertanya kenapa linux dan faktanya hampir 70 % seorang cyber security menggunakan ini dalam segala kegiatan sehari-hari mereka. Jika anda kurang faham tentang linux silahkan kunjungi disini atau cari lah referensi tentang linux,

Sistem Operasi Linux

2. Cari Mentor

Dalam dunia cyber security mencari mentor ataupun tempat untuk belajar merupakan hal yang wajib, dimana ilmu terkadang tidak di publish di google secara gratis misalkan sebuah pengalaman dalam dunia cyber security hal ini hanya di dapat jika anda bertemu dengan orang yang berpengalaman di bidang ini, ada baik nya anda mencari tempat pelatihan khusus,komunitas atau orang yang tepat untuk membimbing anda dalam menapaki dunia cyber security agar anda melangkah di rel yang tepat dan mencapai tujuan lebih cepat.

3. Metode Belajar

Metode belajar ini sebenarnya bersifat bebas saja sesuai dengan kebiasaan kita, akan tetapi pengalaman dari penulis, dunia cyber security mendorong kita agar sering untuk mencari dan melatih keterampilan dalam berbagai teknik dalam cyber security. Dan itu dilakukan biasanya di malam hari, apabila anda belum terbiasa dengan jam malam atau bergadang, bersiap saja anda akan di dorong untuk mengulik malam-malam disaat orang lain tidur anda akan fokus dan enjoy mengulik lab-lab yang disediakan online untuk berlatih.

Temukan Pola belajar

4. Tingkatkan Skill

pada point ini banyak yang harus anda pelajari terutama dalam bidang cybersecurity baik itu mengenai konsep, tools atau metode penetrasi yang dipelajari, mungkin tidak akan dibahas banyak disini, karena ini merupakan point utama dalam pembahasan cyber security , penulis akan membahas di artikel lain agar anda lebih faham dalam peningkatan ilmu step by step nya, jika anda sudah siap silahkan lanjutkan disini.

Demikian yang bisa penulis sampaikan, 4 langkah ini semoga dapat membantu anda untuk minimal tahu dulu apa yang harus di persiapkan sebelum terjun ke dunia it cyber security,

Tinggalkan komentar